Selamat Datang....Terima Kasih

Pengertian Komputer

Written By 1 x 1 on Kamis, 16 Februari 2012 | 17.20


Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Jika kita mencari di Wikipedia definisi Computer adalah “a programmable machine  that receives input,stores and manipulates data,and provides output in a useful format” Atau jika di terjemahkan artinya : Mesin yang dapat deprogram untuk menerima input,menyimpan dan memanipulasi data,dan menyediakan output dalam format yang berguma.
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboardmonitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, pencetak, pemindai, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Bagian-bagian komputer
Komputer terdiri atas 2 bagian besar yaitu perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware).
Perangkat keras
§    Pemroses atau CPU sebagai unit yang mengolah data
§    Memori RAM, tempat menyimpan data sementara
§    Hard drive, media penyimpanan semi permanen
§    Perangkat masukan, media yang digunakan untuk memasukkan data untuk diproses oleh UPS, seperti mousekeyboard, dan tablet
§    Perangkat keluaran, media yang digunakan untuk menampilkan hasil keluaran pemrosesan CPU, seperti monitor dan printer

Perangkat lunak
§    Sistem operasi
Program dasar pada komputer yang menghubungkan pengguna dengan hardware komputer. Sistem operasi yang biasa digunakan adalah LinuxWindows, dan Mac OS. Tugas sistem operasi termasuk (namun tidak hanya) mengatur eksekusi program di atasnya, koordinasi inputoutput, pemrosesan, memori, serta instalasi software.
§    Program komputer
Merupakan aplikasi tambahan yang dipasang sesuai dengan sistem operasinya

Slot pada komputer
§    ISA/PCI, slot untuk masukan kartu tambahan non-grafis
§    AGP/PCIe, slot untuk masukan kartu tambahan grafis
§    IDE/SCSI/SATA, slot untuk hard drive/ODD
§    USB, slot untuk masukan media plug-and-play (colok dan mainkan, artinya perangkat yang dapat dihubungkan ke komputer dan langsung dapat digunakan)

Jenis komputer
§    Komputer analog
§    Komputer pulsa
§    Mikrokomputer
§    Komputer rumah (home computer)
§    Server
§    Minikomputer
§    Mainframe computer
§    Superkomputer

0 komentar:

Posting Komentar